Women's March Indonesia

Lawan Bersama

Women’s March Bandung 2018


@womensmarchbdg

4 Maret 2018 – 07.00 pagi

Eduplex Dago – Gedung Sate

Narahubung / Contact Person:  0812 7843 6808 (Oci) / 0896 4901 7721 (Bunga)

Kenapa Women’s March diselenggarakan di Bandung?

Women’s March atau Parade Perempuan adalah sebuah aksi untuk menuntut pemenuhan hak perempuan dan menunjukkan solidaritas kepada perempuan. Women’s March pertama di Indonesia dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 4 Maret 2017, dalam rangka menyambut Hari Perempuan Internasional di tanggal 8 Maret. Tema besar Women’s March di Indonesia tahun 2018 adalah kekerasan terhadap perempuan.

Berawal dari keprihatinan bersama beberapa organisasi/komunitas lokal yang bergerak dalam isu gender dan hak asasi manusia, tahun ini untuk pertama kalinya Women’s March dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat. Tema Women’s March di Bandung adalah ketidakadilan berbasis gender.

Keprihatinan ini terutama ditujukan pada masih maraknya budaya intoleransi dan ketidakadilan berbasis gender dalam masyarakat. Hal ini dapat diamati dari beberapa data dan fenomena terkait di ranah lokal, seperti:

    • Jumlah perkawinan anak di Jawa Barat masih termasuk 10 besar nasional dan merupakan yang tertinggi di Pulau Jawa (BPS-UNICEF, 2016).
    • Rasio GINI (ukuran kesenjangan pendapatan dan kekayaan) Kota Bandung masih berada di atas angka nasional (BPS, 2016). Dalam fenomena kemiskinan di perkotaan, kaum perempuan miskin kota adalah salah satu komponen masyarakat yang paling dirugikan secara ekonomi, sosial, budaya, dsb.
    • Indonesia masih menempati peringkat pertama internasional jumlah kasus perdagangan manusia (human trafficking) di dunia, dengan Provinsi Jawa Barat sebagai daerah dengan kasus terbanyak. 82% korban perdagangan manusia adalah perempuan. (IOM, 2015)
    • Dalam Survei Nasional tentang LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender)  2016-2017 yang diselenggarakan oleh SMRC (Saiful Mujani Research & Consulting), baru 50% responden asal Jawa Barat yang mengetahui/pernah mendengar tentang LGBT. 36.3% dari jumlah tersebut berpendapat bahwa LGBT tidak punya hak hidup di negara Indonesia.

Visi & Misi :

VISI:
Mendorong terwujudnya masyarakat yang lebih memiliki pengetahuan, kepekaan, empati, kemauan bersama, serta kerja sama yang baik dalam pengentasan ketidakadilan berbasis gender.

MISI:

  1. Menuntut kehadiran, tindakan nyata, dan konsistensi negara serta pemerintah setempat dalam pengentasan ketidakadilan berbasis gender.
  2. Meningkatkan kesadaran, pemahaman, serta empati masyarakat mengenai pentingnya pengentasan ketidakadilan berbasis gender.

Donasi

Kamu dapat membantu kami dengan cara berdonasi melalui transfer ke

  • Bank BCA: 3751443291
    A/N: Dinda Ayu Maharani
    Swift Code: CENAIDJA
  • Konfirmasi dilakukan dengan mengirimkan bukti transfer via Whatsapp ke nomor +6281-111-9866 (Dinda)
    If you want to confirm your donation, please send it to via Whatsapp to +6281-111-9866 (Dinda)

 

Pertanyaan seputar Women’s March Bandung  2018

Saya mau ikut. Harus bayar berapa?

Tidak ada biaya untuk mengikuti Women’s March Bandung 2018. Gratis!

Saya harus daftar ke mana?

Peserta tidak perlu mendaftar. Langsung datang saja di hari Minggu, 4 Maret 2018. Untuk waktu dan titik temu akan diumumkan di Instagram Women’s March Bandung (@womensmarchbdg), stay tuned!

Cowok boleh ikut nggak?

Boleh banget! Laki-laki juga perlu mendukung gerakan kita.

Perempuan berjilbab boleh ikut nggak?

Sangat boleh! Kita mendukung pemenuhan hak semua perempuan, termasuk kebebasan berekspresi!

Ada batas umur nggak?

Tidak ada. Siapapun boleh ikut.

Boleh bawa anak nggak?

Boleh, tim keamanan akan siap untuk membantu jika dibutuhkan.

Acara dan rute march ramah orang difabel nggak?

Sebisa mungkin kami akan memilih rute march yang ramah orang difabel, termasuk pengguna kursi roda. Namun, karena keadaan trotoar Bandung belum merata, bisa jadi ada hambatan-hambatan di luar dugaan. Tim Keamanan kami akan siap untuk membantu melancarkan rute jalan untuk semua peserta.

Saya perlu bawa apa saja ke Women’s March Bandung?

Cukup bawa diri kamu, teman-teman, dan poster tuntutan! Belum siapkan poster atau tidak ada waktu? Jangan khawatir, kami akan siapkan poster cadangan juga.

Kami akan long march dari titik kumpul di Dago ke depan Gedung Sate. Jika bisa, pakai sepatu yang nyaman untuk jalan cukup jauh dan berdiri lama, serta topi/baju lengan panjang/tabir surya (sunscreen) supaya tidak terbakar matahari. Bawa botol air minum juga, karena pasti panas dan haus!

Saya ingin kerjasama dengan Women’s March Bandung. Harus hubungi siapa?

Silahkan hubungi koordinator Humas, Desferansyah Nabela, di womensmarchbdg@gmail.com atau Whatsapp 0812 7843 6808.

Saya ingin memberi donasi kepada Women’s March Bandung. Bagaimana caranya?

Terima kasih banyak! Kamu dapat membantu kami dengan cara donasi melalui transfer ke:
Rekening BCA (kode swift CENAIDJA)
375.144.3291 a.n. Dinda Ayu Maharani
Konfirmasi dilakukan dengan mengirimkan bukti transfer via Whatsapp ke nomor 081-111-9866 (Dinda).

Saya tinggal di luar Bandung. Bagaimana saya bisa ikut mendukung Women’s March Bandung?

Jika kamu berhalangan datang, bisa membantu promosikan acara melalui media sosial, seperti melalui posting gambar-gambar promosi menuju hari H dan sharing link donasi. Jika memang bisa datang, kami sangat mengharapkan kesertaan teman-teman dari seluruh Jawa Barat!

Can foreigners join Women’s March Bandung?

Absolutely! Indonesia allows foreigners to join events like this. We hope you will join us in demanding the fulfillment of women’s rights.